Program Aplikasi Sekolah Handal

Posted by Unknown on Monday, June 3, 2013

Apa Program Aplikasi Sekolah Itu?
Tiap sekolah, mulai dari SD hingga SMA, saat ini hampir semua telah menggunakan paket program aplikasi sekolah. Apa itu? Pada umumnya paket program aplikasi sekolah ini disingkat dengan PAS, dengan kepanjangan Paket Aplikasi Sekolah. Paket aplikasi ini datang dari pemerintah yang diberikan kepada seluruh sekolah dengan tujuan yang sangat jelas, yaitu demi administrasi sekolah yang akan sangat terbantu khususnya dalam pendataan, pelaporan, dan pelayanan data dan informasi tentang sekolah kepada pihak luar yang membutuhkannya. Karena aplikasi ini dibuat oleh pemerintah dan diperuntukkan untuk sekolah, maka aplikasi ini tidak dijual bebas.
Keunggulan program aplikasi sekolah seperti ini atara lain:
1.     Sederhana. Tidak membutuhkan perangkat keras komputer dengan spesifikasi teknis yang tinggi dan bisa dioperasikan oleh pegawai terkait dengan mudah (user friendly)
2.     Fleksibel. Dapat disesuaikan dan dikembangkan secara lebih lanjut dan mandiri, berdasarkan kebutuhan spesifik masing-masing sekolah. Bisa dilakukan sedikit atau banyak modifikasi oleh pakar aplikasi sesuai kebutuhan sekolah, jika dibutuhkan
3.     Terpadu. Modular namun merupakan bagian integral dari sistem informasi pendidikan nasional.
Program aplikasi sekolah akan sangat membantu pendataan, yaitu administrasi sekolah dengan mudah dapat melakukan perekaman dan pembaruan data, seperti misal identitas sekolah, PSB (penerimaan siswa baru), data induk (siswa dan sivitas sekolah), kegiatan belajar mengajar, kebutuhan guru, keuangan sekolah, fasilitas, hingga bantuan dan beasiswa yang ada.
Tahap pelaporan pendataan sekolah juga makin muda karena kebutuhan internal sekolah akan data dan informasi mengenai pendidikan yang diselenggarakan, dengan mudah dan cepat dapat dipenuhi. Laporan data lengkap bisa meliputi daftar siswa, daftar, guru, dan daftar wali kelas, jadwal pelajaran dan laporan absensi siswa, hingga raport siswa.

Pengiriman data menjadi semakin efektif, baik secara kualitas maupun waktu. Dahulu pengiriman data sekolah ke pemerintah butuh data cetak dan berangkap-rangkap, sekarang hanya dengan program aplikasi sekolah semua menjadi beres. Tiap sekolah yang memiliki fasilitas internet pada perkantorannya, bisa dengan cepat mengirimkan data sekolah sesuai format yang dibutuhkan pemerintah hanya dengan sekali klik di email.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment